Iklan

Ini isi surat Yang bocor tersebut . . . Mabua akan lepas keagenan Harley Davidson

mabua-harley

Sobat RingPiston, di awali dengan bocornya Sepucuk surat yang menyatakan bahwa PT Mabua Harley melepas Kegenan Brand Harley Davidson setelah 31 Desember 2015 dan tidak memperpanjangnya akhirnya munculah sinyalemen kuat bahwa Mabua Harley Davidson Dikabarkan Akan Resmi Tutup atau minimal akan resmi bukan menjadi Agen resmi penjualan Big-Bike Harley Davidson

Rencananya, Mabua akan mengadakan Press Con tanggal 10 februari 2016 pekan depan untuk menyampaikan keterangan resmi mereka. Yang menarik adalah menelisik kenapa sampai Mabua bisa melakukan keputusan ini, Bukankah dimata orang luar Brand HD itu sudah kuat ke Mabua ? cek deh isi surat yang bocor tersebut, saya coba copas dari Detik ini :

Dengan berat hati bersama ini diberitahukan bahwa PT Mabua Harley-Davidson dan PT Mabua Motor Indonesia tidak memperpanjang keagenan Harley-Davidson di Indonesia, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2015.

Selama beberapa tahun terakhir, iklim usaha pada sektor otomotif, khususnya di bidang motor besar, mengalami berbagai kendala, antara lain yaitu:

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang US Dollar, yang dimulai sejak pertengahan tahun 2013 dan berlanjut sampai dengan saat ini mencapai lebih kurang 40 persen.

Kebijakan pemerintah Republik Indonesia mengenai tarif Bea masuk serta pajak yang terkait dengan importasi dan penjualan motor besar, antara lain:

a. PMK No 175/PMK.011/2013 tentang kenaikan tarif PPh 22 import dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen.

b. PP no 22 tahun 2014 tentang kenaikan pajak penjualan barang mewah dari 75 persen menjadi 125 persen.

c. PMK No 90/PMK.03/2015 tentang penetapan tarif PPh 22 Barang Mewah untuk motor besar dengan kapasitas mesin di atas 500 cc dari 0 persen menjadi 5 persen.

d. PMK no 132/PMK.010/2015 tentang kenaikan tarif bea masuk motor besar dari semula 30 persen menjadi 40 persen.

Total keseluruhan pajak untuk importasi motor besar mencapai hampir 300 persen, tidak termasuk bea balik nama dll-nya. Faktor-faktor tersebut di atas telah mengakibatkan kelesuan pasar serta penurunan minat beli.

Untuk beberapa bulan mendatang, sebagai bentuk komitmen yang tinggi, kami tetap akan memberikan layanan purna jual serta penjualan suku cadang, dan lain-lain.

Ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada Bapak Soetikno Soedarjo dan para pemegang saham MRA Group serta seluruh pihak, yang telah memberikan dedikasi serta dukungannya, sehingga PT Mabua Harley-Davidson dan PT Mabua Motor Indonesia mampu menjadi bagian dari perkembangan Harley-Davidson di Indonesia sejak tahun 1997 sampai dengan saat ini.

Salam, Djonnie Rahmat

So jelas banget kan, penyebab kelesuan daya beli yang ditengarai tingginya pajak untuk Barang mewahlah yang jadi kendalanya

RingPiston

Iklan

5 responses to “Ini isi surat Yang bocor tersebut . . . Mabua akan lepas keagenan Harley Davidson”

  1. Joko says :

    Pemilik HD itu rata2 orang kaya atau miskin sih? Dealernya saja sampai tutup.

    Suka

  2. djarwokw64 says :

    Biarin aja lah tutup biar ga makin banyak populasi motor2 import, toh yg diuntungkan sebenernya juga negara2 si pembuatnya. Kalau perlu bikin pembatasan produksi jg buat pabrikan motor/mobil yg lain (jepang dll) sekalian ngurangin macet. Buat yg banyak duit ya silahkan ttp dibeli dg pajak yg wow itu, buat yg pas2an ya ga usah maksain. Sudah saatnya kita bikin motor/mobil nasional, SDM kita pasti mampu dan banyak banget orang pintar di negeri ini asal semua mau mendukung, ga cuma pemerintahnya aja. Lihat Korea/India/Tiongkok/Malay.. pada punya merk nasional tuh, dan mereka bangga memakainya sendiri 🙂 apalagi ada orang lain yg mau pakai.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: