Di FIM CEV Repsol . .. Laptime Kelas Moto3 lebih cepat dibanding Laptime Kelas Z800
Sobat RingPison, manarik melihat hasil kualifikasi Q1 dari dua kelas yang diperlombakan di gelaran CEV Repsol Spanyol . . . Yakni kelas Moto3 250 cc satu silinder dengan kelas Z yang menggunakan Kawasaki Z800 4 silinder segaris . . . Yang satu ( Moto3) memang motor yang didesain khusus untuk Balap namun yang satunnya lagi menggunakna Motor streetbike harian yang disulap menjadi motor balap . . .
Yap hasilnnya cukup berbeda . . . di sesi Kualifikasi Moto3 pada sirkuit Portimao hari ini, Pole possition kelas Moto3 Joan Mir Myrata berhasil menorehkan laptime 1 menit 52,029 detik sedangkan Pole possition kelas Z Cup dipegang oleh Bertrand Gold dengan laptime 2 menit 06,091 detik . . . beda 14 detik sob . . . weh . . . padahal beda banget yah kubikasi mesinnya . . .
ada beberapa hal yang menarik dan bisa menjadi penyebab hasilnya seperti ini yakni yang pertama adalah Kualitas pembalapnnya dimana Pembalap Moto3 CEV Repsol kebanyakan adalah pembalap murni yang punya visi menjadi pembalap profesional, sedangkan Pembalap Z Cup terlihat tidak banyak ada nama nama yang terknal di dunia balap . . . ini sudah seperti OMR biasa . . . dan melihat banyaknnya orang spanyol yang ikut, ini seperti mirip kejurnas hehehe . . . udah gitu mungkin pengaruh handling, ergonomi, wheelbase dan lain lain dari Z800 yang memang lebih ditujukan untuk Harian dibanding untuk Race . . . kalau menurutmu gimana sob ?
RingPiston
Anjrit 800 cc 4 cilinder di keperetin 250 cc 1 silinder jones
SukaSuka
Anjrit 800 cc 4 cilinder di keperetin 250 cc 1 silinder jones honda di lawan…
SukaSuka
Kalo ninin 250+ R25. Mungkin bisa ketinggalan 2 propinsi. Ini mungkin lho.jgn diambil ati.
SukaSuka
wkwkwkwk… di overlap 3 propinsi kali r25 sm ninin 250 ya…
SukaSuka
Beratnya kali om…
SukaSuka
Z800 touring kali wak haji
SukaSuka
harus belajar dari indo supaya kawak kencang
1.lepas spion nya
2.tambah silindernya
3.bbm nya premium
pasti bisa tembus 1 menit 12 detik tu si kawak
SukaSuka
berat nsf hampir 1/3 z800 ( 85kg vs 200an kg )
power nsf 50hp, z800 120hp
bisa ditebak pwr nya
plus, berat pembalap rata2 yang pake nsf masih muda2
SukaSuka
Moto3 chassis dan swing arm nya di design khusus untuk balap. Bobot motor yang jauh lebih ringan yaitu 85kg, membuat manuver Moto3 di sirkuit lebih gesit dan cepat. terutama di corner, chicane.
Power to weight ratio Moto3 dan Z800 hampir sama, tapi Moto3 mempunyai keunggulan di berat motor yang sangat ringan.
Chasis Z800 di di rancang untuk city riding dan turing. bobot motor standard 229kg (original exhaust), Motor Z800 Z Cup mungkin bisa lebih ringan 10kg dari motor Z800 standard. tergantung dari rule nya, Apakah boleh memakai Velg aftermarket yg lebih ringan utk menambah pengaruh akselerasi dan braking motor jdi lebih cepat karena faktor unsprung weight.
Balapan FIM CEV Repsol di sirkuit Jerez, Top speed di straight away, Moto3 dan Z800 hampir sama yaitu 216-215 km/jam. Tapi lap time nya yang sangat beda.
SukaSuka